google-site-verification: google42f5df8ae0c2c4ef.html O L A H R A G A: TES KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA SLB AUTISME

Jumat, 02 Juli 2010

TES KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA SLB AUTISME


1.      Berjalan di atas garis lurus sejauh 5 m
a.       Pelaksanaan
Anak diarahkan untuk berjalan mengikuti garis yang telah ditentukan sejauh 5 meter. Diusahakan pada saat berjalan, arahnya sejajar dengan garis.
b.      Penilaian
Nilai 3 jika anak dapat berjalan sejajar dengan garis lintasan.
Nilai 2 jika anak dapat berjalan namun tidak sejajar garis lintasan.
Nilai 1 jika anak tidak dapat melakukan sama sekali.
2.      Berlari menghindari rintangan
a.       Pelaksanaan
Anak diarahkan untuk melakukan lari menghindari 5 buah rintangan balok. Pada saat menghindari rintangan yaitu dengan berbelok sesuai dengan urutan rintangan yang dilewati (zig-zag).
b.      Penilaian
Nilai 3 jika anak dapat berlari melalui 5 rintangan secara beurutan.
Nilai 2 jika anak dapat berlari melintasi 2 rintangan.
Nilai 1 jika anak tidak dapat melakukan sama sekali.

3.      Memanjat jari – jari lingkaran
a.       Pelaksanaan
Anak diarahkan untuk memanjat jari – jari lingkaran dari bawah menuju puncak lingkaran.
b.      Penilaian
Nilai 3 jika anak dapat memanjat dari bawah sampai puncak lingkaran.
Nilai 2 jika anak dapat memanjat tetapi tidak sampai puncak.
Nilai 1 jika anak tidak dapat melakukan sama sekali.
4.      Melompat dari balok setinggi 15 cm
a.       Pelaksanaan
Anak diarahkan untuk melompat dari atas balok setinggi 15 cm, melompat dengan tumpuan dua kaki dan mendarat di atas kotak sasaran.
b.      Penilaian
Nilai 3 jika anak dapat melakukan lompatan tepat pada sasaran.
Nilai 2 jika anak dapat melakukan lompatan tetapi tidak tepat pada sasaran.
Nilai 1 jika anak tidak dapat melakukan sama sekali.
5.      Meloncat dari balok setinggi 15 cm
a.       Pelaksanaan
Anak diarahkan untuk meloncat dari atas balok setinggi 15 cm, meloncat dengan tumpuan satu kaki dan mendarat dengan kedua kaki di atas kotak sasaran.

b.      Penilaian
Nilai 3 jika anak dapat melakukan loncatan tepat pada sasaran.
Nilai 2 jika anak dapat melakukan loncatan tetapi tidak tepat pada sasaran.
Nilai 1 jika anak tidak dapat melakukan sama sekali.